Social Icons

Join with us on FACEBOOK

Senin, 30 Desember 2013

36 Jam Tanpa Mandi !


SEBUAH cerita perjuangan mencapai lokasi Maha Vihara Mojopahit terlontar dari beberapa kontingen provinsi yang menempuh perjalanan darat dari daerah asalnya menuju Jawa Timur. Beberapa di antaranya adalah Bandar Lampung, Bangka Belitung, Jawa Barat hingga beberapa provinsi lainnya.

Bayangkan saja, mereka berada dalam bus selama belasan jam hingga puluhan jam. Misalnya seperti Bangka Belitung yang menghabiskan waktu selama 23 jam, Jawa Barat menghabiskan waktu 24 jam, bahkan Lampung mencapai 36 jam.



"Kami berangkat dari Lampung sekitar jam 9 pagi dan sampai Jakarta sekitar jam 5 sore. Kemudian dari Jakarta menuju lagi ke Jawa Timur. Total waktu yang dihabiskan sekitar 36 jam." ujar salah satu kontingen Lampung mengomentari perjalanannya yang melelahkan.

"Lebih nyeseknya lagi, sudah tidak punya duit, ditambah macet dan tidak mandi selama di dalam bus. Bahkan kalau mau buang air kecil, kita harus berhenti dulu di Pertamina (SPBU)." tambah Irwan, kontingen lainnya.

Hal senada juga disampaikan oleh kontingen asal Bangka Belitung. "Yang paling menyulitkan itu adalah saat mau pipis di bus. Bus nya terus goyang sewaktu berjalan dan toilet di bus nya sangat sempit, jadi benar-benar tidak mengenakkan untuk kontingen perempuan seperti kami ini." ujar Fitri.

Tetapi jarak yang jauh itu tidak mematahkan semangat para peserta STKN 2013 untuk mencapai tujuan dan bertemu dengan peserta lain dari Nusantaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates