Social Icons

Join with us on FACEBOOK

Minggu, 29 Desember 2013

COMPETITION REPORT : Persaingan Sengit Lomba Cepat Tepat STKN 2013 dalam Meraih Tiket Menuju Final


HARI pertama penyelenggaraan lomba STKN (Sarahsehan dan Temu Karya Nasional) 2013 akhirnya dimulai pada Minggu (29/12) pagi. Pada pukul 08.30 WIB diselenggarakan Lomba Cepat Tepat (LCT). Masing-masing kontingen lain yang bukan merupakan peserta pun ramai menempati ruangan perlombaan. Tidak semua seluruh provinsi mengikutkan perwakilannya. Biasanya terdapat 5 sampai 6 provinsi yang tidak mengirimkan perwakilannya. Misalkan karena terkendala jumlah kontingen atau faktor lainnya.

Untuk Lomba Cepat Tepat, setiap kontingen provinsi berhak mengirimkan satu regu peserta yang terdiri dari 3 orang peserta. Batas usia peserta sendiri berkisar antara 15 hingga 20 tahun (sesuai KTP/Kartu Pelajar). Setiap regu terdiri dari 1 orang Juru Bicara dan 2 orang Pendamping. Dewan Juri terdiri dari Quiz Master (Penanya Soal), Pengamat Waktu & Bel, dan Juru Nilai.


Babak perlombaannya sendiri terbagi atas babak penyisihan dan juga babak final. Sebanyak 17 provinsi berpartisipasi dalam perlombaan ini. Karena jumlahnya ganjil, maka peserta yang mendapatkan nomor urut undian pertama akan mendapat keuntungan lebih karena hanya akan berhadapan dengan tiga lawan saja. Sedangkan 4 tim pertama dengan nomor urut 2 sampai dengan 5 akan menghadapi dua babak sekaligus untuk bisa ke babak final. Dua peserta dengan nilai tertinggi pada sesi pertama akan menghadapi peserta yang mendapat nomor urut pertama untuk memperebutkan tiket menuju final. Sedangkan untuk tiga sesi selanjutnya hanya diambil peraih skot tertinggi untuk langsung mendapat tiket menuju final.

Sesi 1 menempatkan Sumatra Selatan, Bali, Jawa Barat dan Kalimantan Tengah dalam satu sesi. Peraihan poin cukup ketat antara Jawa Barat dan Sumatra Selatan. Sedangkan Kalimantan Tengah berada di gardu barisan ketiga, diikuti Bali yang pada perlombaan kali ini kurang beruntung karena tidak berhasil mendapatkan poin satupun. Jawa Barat dan Sumatra Selatan lantas harus melawan Lampung, dan peraih poin tertinggi akan melaju ke final. Sesi 2 dimenangkan oleh DKI Jakarta yang berhasil mengumpulkan poin akhir sebesar 1900. Padahal di awal babak, Bangka Belitung cukup mendominasi dengan mengumpulkan poin tertinggi.

Sesi 3 dimenangkan oleh Jawa Timur yang terus mendominasi sejak babak awal pertanyaan wajib hingga babak rebutan. Untuk sesi 4 terjadi persaingan sangat sengit antara Jambi dengan Jawa Tengah. Sampai akhir babak selesai, kedua provinsi ini mendapatkan skor yang sama. Hingga membuat dewan juri menambahkan satu pertanyaan penentuan untuk menentukan siapa yang akan melaju ke babak final. Akhirnya Jawa Tengah keluar sebagai pemenang setelah pertanyaan penentuan tersebut.

Babak selanjutnya akan dilaksanakan pada hari berikutnya. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari babak final yang makin menegangkan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates