Social Icons

Join with us on FACEBOOK

Sabtu, 28 Desember 2013

Pembukaan STKN 2013 Tampilkan Potret Keragaman Budaya dari 23 Provinsi di Seluruh Indonesia


Pembukaan acara Sarahsehan dan Temu Karya (STKN) 2013 berlangsung di hall utama di Maha Vihara Mojopahit Jawa Timur. Acara ini dibuka dengan meriah saat perwakilan seluruh kontingen di Indonesia berdiri berderetan menyambut seluruh tamu yang datang. Uniknya lagi, seluruh perwakilan kontigen yang terdiri dari putra dan putri ini mengenakan  pakaian adat dari masing-masing daerah mereka. Sehingga keragaman budaya Indonesia terasa menyeruak dan melebur menjadi satu dalam ajang rutinan setiap dua tahun sekali ini.

Acara dibuka dengan sebuah tarian bertajuk Tari Bedoyo Puji Sesanti yang dibawakan secara apik oleh Sanggar Tari Bagaskara. Tarian ini mempunyai filosofi menyatunya harmoni semesta, manusia dan juga alam. Alunan music yang mengiringi tarian ini terdengar sedikit mistis, karena memang pada zaman Mojopahit terdahulu ditarikan dengan tujuan tolak bala dan ditarikan juga untuk menyambut tamu agung.

Selesai tarian dipertunjukkan, seluruh peserta dan hadirin yang ada di hall utama berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya yang merupakan lagu kebangsaan Indonesia. Sejenak, semangat Nasionalisme terasa menyeruak dalam  ruangan berkapasitas cukup besar itu. Semua tampak menghayati saat bernyanyi, terlebih lagi sudah ratusan kali diserukan dari mulai sekolah dasar hingga sekolah menengah atas setiap hari Senin nya. Lagu kebangsaan semangat Buddhis seperti “Semangat Buddhayana” dan “Mars PMVBI” juga lancar dinyanyikan oleh semua hadirin.

Beberapa petinggi dari pelaksana STKN 2013 pun memberikan berbagai kata sambutan. Salah satunya adalah ketua pelaksana STKN 2013, Harley Hiugo, yang berharap pelaksanaannya akan berjalan dengan lancar dan STKN 2013 ini sendiri dapat menjadi wadah untuk berkreasi dari seluruh perwakilan Sekber dari 23 provinsi. Suryanto, S.T. selaku Sekretaris Jendral Sekber PMVBI, Drs. Piyandi selaku Ketua Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) dan  Y.M. Bhante Nyana Suryanadi Mahathera selaku Ketua Sangha Agung Indonesia juga turut memberikan satu dua patah kata dalam  rangka memeriahkan pembukaan STKN 2013 ini.

Pembukaan acara sampai pada puncaknya saat gong dibunyikan. Hal ini resmi membuka penyelenggaraan STKN 2013. Selanjutnya parade pertunjukkan pakaian adat dari 23 provinsi turut mewarnai kemeriahan acara. Satu per satu dari pasangan kontingen memasuki aula hall dari pintu depan dan sukses memukau dengan chemistry yang terjalin di antara mereka dengan alunan lagu milik Chrisye berjudul Kala Cinta Menggoda. Penyalaan obor dari masing-masing ketua sekber dari 23 provinsi akhirnya menutup pembukaan STKN 2013.

Semoga seluruh kontingen dari 23 provinsi dapat menunjukkan semangat sportivitas dan makin mempererat jalinan persaudaraan antar umat Buddhist di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates