Social Icons

Join with us on FACEBOOK

Senin, 30 Desember 2013

Spot-spot Favorit Pengundang Turis di Maha Vihara Mojopahit


MENGUNJUNGI Maha Vihara Mojopahit merupakan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan. Meski letak Vihara tidak jauh dari jalan raya, namun suasana pedesaan yang guyub dan sepi masih terasa. Keramaian memang hadir dari sejumlah peserta STKN (Sarahsehan dan Temu Karya Nasional) 2013, namun di luar itu, kondisi dekat Vihara ini tidak begitu ramai. Hanya beberapa kantin berjejeran berada di sekitar depan gerbangnya.

Saat mulai memasuki kawasan dalam Maha Vihara Mojopahit ini, suasana asrinya cukup terasa dengan beberapa pohon rindang yang tumbuh dengan suburnya. Belum lagi beberapa tanaman hias yang tertata rapi di penjuru vihara. Berikut ini kami rangkum beberapa spot menarik yang bisa dinikmati di Maha Vihara Mojopahit :



Patung Sleeping Buddha


Patung Buddha tidur atau yang juga dikenal dengan istilah sleeping Buddha adalah salah satu objek yang paling diburu oleh wisatawan maupun umat Buddhis yang baru pertama kali berkunjung ke tempat ini. Buddha sleeping ini terletak di antara kolam teratai yang indah. Biasanya sleeping Buddha ini lebih dikenal berasal dari negara seperti Thailand dan Nepal, namun ternyata Indonesia juga mempunyainya.

Dalam sleeping Buddha ini, Sang Buddha mempunyai jubah khas berwarna keemasan yang menggambarkan Sang Buddha sedang dalam keadaan tidur miring ke kanan dengan beralaskan tangan kanan. Dimensi patung ini cukup besar dan sangat cocok untuk diabadikan. Panjangnya mencapai 22 meter dengan tinggi 4,5 meter dan lebar 6 meter.

Roda Dharma




Roda Dharma menggambarkan perjalanan panjang ajaran buddha hingga sampai sekarang ini. Maksud lambang dari Roda Dharma ini sendiri adalah untuk memberitahukan kepada kita umat manusia, bahwa ada jalan menuju kebahagiaan seperti yang telah ditempuh oleh guru agung Buddha Gautama.

Replika Mini Candi Borobudur



Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur? Candi yang terletak di Jawa Tengah Indonesia ini merupakan salah satu keajaiban dunia lama. Nah, di Maha Vihara Mojopahit ini sendiri memilik replika mininya. Jadi cukup menghibur untuk Anda yang mungkin belum pernah berkunjung ke Candi Borobudur itu sendiri.


Relief Perjalanan Hidup Buddha Gautama



Setiap umat Buddhis pasti sudah tahu mengetahui tentang riwayat hidup Buddha Gautama dari sejak dilahirkan hingga mencapai penerangan sempurna. Semua itu digambarkan dalam sebuah relief yang nampak hidup yang terpasang dengan apik di dinding belakang ruang Dhammasala.



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates